Sabtu, Februari 07, 2009

Caram Seguguk OI


Masih Banyak Warga Belum Penuhi Syarat Berbotat Gratis

Pemulutan, Agung Post
Peluncuran program berobat gratis yang dicanangkan Gubernur Sumsel, H Alex Nurdin disambut hangat masyarakat. Hal demikian dapat dilihat dari persentase jumlah pasien meningkat dratis saat berobat di puskesmas-puskesmas sekarang ini.
Seperti diungkapkan kepala Puskesmas Pemulutan Induk, Dr Obrin menurutnya, dengan adanya program berobat gratis masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk berobat. Masalah kendala bagi puskesmas dengan adanya program berobat gratis menurut Dr Orbin tidak ada, termasuk persediaan obat-obatan, karena Dinas Kesehatan Ogan Ilir telah memfasilitasinya semua.
Kendalanya sekarang ini ada di masyarakat/pasien itu sendiri seperti tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, baik kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK). Karena masih banyak masyarakat tidak memiliki atau berasalan tinggal KTP, KK dan alasan lainnya saat berobat.
Hal senada juga diungkapkan kepala Puskesmas Talang Pangeran Pemulutan Barat, Drg Hj Irma Novianty Mkes adanya program berobat gratis jumlah pasien berobat di Puskesmas Talang Pangeran meningkat hingga mencapai 40% dari sebelumnya.
Kalau soal kendala menurutnya juga sama kebanyakan masyarakat belum memenuhi persyaratan yang telah ditentukan seperti KTP maupun KK saat ingin berobat. Oleh sebab itu ia menghimbau dan berharap kepada masyarakat selain menuntut haknya menerima pelayanan berobat, tapi harus memenuhi tanggung jawabnya seperti melengkapi indentitas yang telah ditentukan agar prosesnya dapat berjalan dengan baik.
Dan tambahnya, selain dari pada itu kendala lain adalah kebanyakan masyarakat setiap kali ada masalah sedikit dengan penyakit yang dideritanya meminta agar segera dirujuk untuk berobat ketempat lain seperti dirawat di Rumah Sakit dan lain sebagainya, terangnya. (har)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk memberikan komentar. pada profile pilih anymous