Kamis, Maret 05, 2009

Caram Seguguk OI


Periksa Gula Darah di Puskes Tanjungraja Gratis

Tanjungraja, Agung Post
Setidaknya ada 200 pasien dari warga sekitar Puskesmas Tanjung raja yang datang ke Puskesmas tersebut untuk memeriksakan kadar gula dalam darah. Selain itu diadakan pula pemeriksaan kolesterol bagi yang mau mengetahui berapa kadar kolesterol dalam tubuhnya, Tekanan Darah(TD), dan Index Masa Pertumbuhan(IMT).
Menurut Dr Dahlan R mewakili Kepala Puskemas Tanjung raja kepada "Agung Post" mengungkapkan, Pemeriksaan yang diadakan 2 hari dari dipenghujung bulan lalu, tidak dipungut biaya sepeserpun dan ini merupakan salah satu inisiatif Kepala Puskesmas untuk mendukung program "Berobat Gratis" dari Gubernur Sumsel.
Selain itu Puskesmas juga baru saja mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan berupa alat Calcucheck untuk melihat gula darah dalam tubuh dan Cardicheck untuk melihat kolesterol dalam tubuh sehingga dengan kedua alat tersebut, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Rumah Sakit, cukup datang ke Puskesmas untuk konsultasi masalah penyakit Kadar Gula dan Kolesterol yang berlebihan, tambah dr Dahlan R disela-sela kegiatannya memberikan konseling kepada pasien.
Ida Rossini (38) yang mempunyai berat badan 57Kg dan Tekanan Darah (TD) 90/60 warga Tanjung raja Selatan mengatakan, dirinya menyambut baik program tersebut karena dapat membantu masyarakat yang umumnya tidak mampu untuk check gula darah dan kolesterol. Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya baru saja check gula darah dan kolesterol di sebuah rumah sakit di Palembang dan harus merogoh kocek sebanyak Rp280 ribu. Untuk check up seluruhnya saya habis Rp1.200.000,- tapi disini gratis, jadi saya merasa terbantu, terangnya.
Hal serupa juga diungkapkan oleh Indrayani(49) Guru SDN 3 Tanjung raja bahwa dirinya senang bisa mendapatkan pelayanan check gula darah dan kolesterol gratis di Puskesmas Tanjung raja, dan saya juga berharap program ini bisa berlanjut diadakan tiap bulan atau tiap 6 bulan sekali untuk mengontrol gula darah dan kolesterol.
Ditambahkan pula oleh dr Dahlan bahwa dengan kegiatan ini, semoga bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan dan bisa segera menjaga kesehatan dengan pola hidup dan makan yang teratur. (lik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk memberikan komentar. pada profile pilih anymous